Translate

Thursday, March 5, 2015




Wisata Kuliner dalam satu hari di Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura
Untuk urusan makanan, kalimantan selatan juga tidak kalah dari daerah lain. untuk rasa bumbu, orang Banjar agak berbeda dengan orang Jawa timur yang bumbunya kuat, rata-rata makanan Banjar bumbunya agak manis mirip masakan Jogja.

Makanan khas Banjar seperti Ketupat kandangan, ketupat belamak, Lontong, Bakaran banjar bahkan mie bancir khas Banjar, akan memanjakan lidah agan-agan semua..

PAGI,
Untuk pagi hari.. agan bisa mencoba Ketupat Kandangan, yaitu ketupat yang di kuahi santan dan di makan dengan ikan Haruan yang telah dibakar menggunakan batok kelapa, di Banjarmasin ada banyak ketupat Kandangan, di sebelah RS Sari Mulia Jln Jati ada juga di Jln. AYani pal 3.. tapi Ketupat Kandangan menurut ane yang paling sedap cuma ada di Banjarbaru, Warung Bamara (sayang sekarang sudah tutup) dan di Banjarmasin, di pasar Pal 7 di warung Julak Aluh (sayang buka-nya cuma hari minggu pagi).


Ketupat Kandangan


Selain ketupat kandangan, agan bisa coba Lontong haruan, dan yang paling sedap adalah di Lontong Orari, di pasar lama Banjarmasin (agak mahal tapi, pesan setengah porsi aja dulu karena porsi banyak banget).


Lontong Haruan



SIANG,
Untuk Siang hari, berhubung makanan agak banyak jenisnya.. agan bisa mencoba :

1. Bakaran Banjar, maksudnya bakaran disini adalah ikan-ikan air tawar, udang galah, udang dll yang dibakar dulu sebelum disajikan, sebelum dibakar di kasih bumbu khas banjar, ada juga ikan telang, dan disajikan dengan sambal Banjar yang tidak terlalu pedas dan manis, bersama kuah sayur yang segar. Ada di resto H Fauzan, Pondok Yudha di Banjarmasin dan juga ada di Rumah makan Simpang, Martapura

Udang galah bakar
Patin Bakar


2. Soto Banjar, makanan khas Banjar yang sangat terkenal, sampai ada versi Indomie rasa Soto Banjar.. yang paling enak dan murah dari semua adalah Soto Banjar di H Anang, pekapuran Banjarmasin, khas karena Soto Banjar disajikan dengan suwiran ayam kampung dan ada potongan besar ayam kampung yang telah di patah (istilahnya bapukah), dan jika masih ada, ada sate juga.. Selain di H Anang, ada juga soto Bang Amat di bawah jembatan, selain menyajikan soto + sate yang enak, disini agan juga dapat menikmati Soto banjar sambil melihat pemandangan sungai Martapura, bahkan bisa naik perahu keliling keliling.

Soto Banjar Ayam Kampung tanpa Kolesterol


3. Nasi Itik tenda biru gambut pal 16 jln AYani, nasi itik adalah nasi khas banjar yang agak keras dikasih bebek empuk yang telah dimasak bumbu, kemudian sewaktu masih panas dibungkus dengan daun pisang.. sehingga ketika kita buka bungkusan daun pisangnya, aroma daun pisang tercampur dengan aroma masakan bebek bumbu.. hmmm.. maknyuss
Nasi Itik tenda biru



4. Sate Martapura, warung sate banjar yang terkenal.. beda sate banjar adalah di bumbu-nya, sambal kacangnya agak manis.. dan ada pilihan sate ayam campur limpa sapi.. sedap.. Sate martapura ada di seberang pasar CBS Martapura yang banyak jual batu akik, bersebelahan dengan Bakso Batuah martapura.

Sate Limpa sapi


MALAM,
Untuk Malam hari, agan bisa coba makanan khas Banjar yang lain yaitu Mie Bancir, ane kurang tau kenapa disebut dengan mie bancir yang artinya mie bencong.. mungkin karena mie ini bukan mie goreng ataupun mie kuah.. hehehe bencong deh.. yuk mari..
MIe Bancir khas Banjar, adalah mie goreng yang disajikan dengan suwiran ayam, irisan telur, bisa juga pesan versi lengkap, yaitu dengan irisan hati ayam dan telor bebek. Mie bancir yang paling enak ada di jln Ayani pal 4, yaitu Mie Pak ibur gardu Induk.. hati-hati ada dua warung gardu induk, sebelahan.. agan nanti pilih yang masak pak Ibur, cirinya adalah beliau selalu pakai topi pet, atau topi copet.. hehe..
Mie Bancir Pak Ibur

Selain makanan-makanan di atas, ada juga makanan yang lain.. enak juga dan harus dicoba, yaitu.. Mie Ayam pangsit bakso pal 1, jln Ayani, mie ayamnya agak beda, karena mie kecil-kecil mirip mie keriting, disajikan dengan pangsit rebus, irisan ayam bumbu, dan bakso sapi.. minumnya jeruk hangat khas pal 1..

Selain mie pal 1, ada juga mie cumi yang ada di pasar lama Banjarmasin.. yang paling terkenal adalah mie goreng dan cumi mentega.. maknyus abis..

Bakso yang enak, ada di teluk dalam Banjarmasin.. Bakso dan mie yamin Bambu dan mie pangsit cak jangkung di Belitung Banjarmasin.

Jika agan ingin mengunjungi Kalimantan Selatan untuk wisata Kuliner, saran ane mending sewa motor yang diantar ke airport, dari Bandara flight pagi dan pulang flight paling malam.. karena jalan-jalan di Banjarmasin yang sempit-sempit.. gunakan GPS di HP agar waktu agan tidak terbuang untuk nanya-nanya penduduk setempat.

Selamat berwisata kuliner ya gan..

No comments:

Post a Comment