Translate

Tuesday, March 24, 2015

6 Hal yang harus diperhatikan dalam berkendara di Kalimantan Selatan



Jika teman teman sedang berlibur atau berkunjung di Kalimantan selatan, ada beberapa hal yang agak berbeda dalam hal berkendara di sini, mungkin awalnya agak tidak terbiasa tapi lama lama akan terbiasa..

Ini adalah hal-hal yang harus di perhatikan jika berkendara di Kalimantan selatan :

1. Hati hati di setiap tikungan atau pertigaan
Banyak orang yang keluar dari gang masuk ke jalan utama, tanpa lihat lihat dulu.. sangat berbahaya, istilahnya seperti tikus keluar got, sebaiknya jika melihat pertigaan, hindari dengan ambil jalur agak ke tengah atau bunyikan klakson terlebih dahulu agar orang tahu dengan keberadaan kita.

2. Jangan ngebut
Memang disini banyak jalur kosong yang menggoda kita untuk menaikkan kecepatan, saran saya... jangan tergoda, jika benar benar aman tetap jalan di max 70 kpj.. karena disini banyak orang yang tiba tiba berhenti di tengah jalan karena mau belok ke jalur lain atau banyak orang yang menyeberang mendadak dst.

3. Mobil menyalakan lampu hazard, artinya dia mau jalan lurus.
Jika di daerah lain lampu hazard kita nyalakan sebagai peringatan kepada mobil lain karena mobil kita yang sedang parkir, disini hazard untuk menunjukkan jika mobil tersebut mau jalan lurus ketika ada simpangan atau pertigaan.

4. Hati hati truk parkir
Biasanya malam hari, truk parkir seenaknya di pinggir jalan.. badan truk mengambil 1/4 dari jalur, pas di jalur sepeda motor.. sangat jarang mereka menyalakan lampu hazard.. banyak pengendara yang jadi korban menabrak truk sedang parkir.. hati hati.

5. Waspada dengan ABG dan Ibu-ibu
ABG dan Ibu-ibu biasanya yang paling ceroboh dalam berkendara, belok tanpa sein, sein ke kanan belok ke kiri, SMS-an sambil berkendara, bahkan naik motor jalan berjejer berdua sambil ngobrol..
Selalu perhatikan sinyal tubuh mereka, jika agak-agak sering noleh ke belakang, berarti mereka mau belok, Kalau dari belakang kelihatan kepalanya sering nunduk nunduk dan tangan satunya nggak pegang setang, berarti lagi BBM-an.

6. Ambil jalur agak ke tengah
Menurut saya, jalur di tengah lumayan aman.. kita bisa terhindar dari pengendara tikus keluar got, bisa terhindar dari truk parkir, bisa terhindar dari ranjau paku, dan bisa terhindar dari jalan yang tidak rata akibat bekas galian PDAM yang ditambal seenaknya.

Mungkin itu sedikit tips jika berkendara di Kalimantan selatan, ruas jalan di Kalsel memang banyak yang lurus dan mulus, tetapi selalu ada bahaya yang mengintai dan bisa mengganggu suasana liburan teman teman, jadi lebih baik waspada dan awas selalu..

Selamat berlibur..

Regards,

No comments:

Post a Comment